PresentationFontCache Memakan Resource CPU 50%

Ketika saya menjalankan aplikasi WPF atau menjalankan aplikasi WPF dengan Expression Blend dan Visual Studio saya lihat di Task Manager, ternyata resource CPU yang digunakan hampir full. Kemudian saya selidiki di tab process, saya temukan PresentationFontCache.exe memakan resource CPU komputer saya sekitar 50% dan membuat batre laptop saya semakin cepat habis. Saya selidiki, dan saya coba matikan process ini (Kill Process), akhirnya kembali normal. Kemudian saya jalankan aplikasi WPF lagi, ternyata PresentationFontCache muncul kembali. Mungkin Anda pernah mengalami masalah seperti ini…

PresentationFontCache berasal dari service FontCache 3.0.0.0 (Windows Presentation Foundation Font Cache 3.0.0.0) yang terletak di direktori

%SystemDrive%\Windows\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local.

image

Setelah saya browsing, saya dapet solusi, solusinya FontCache3.0.0.0.dat di direktori tersebut dihapus saja. Menurut referensi, setelah dihapus penggunaan resource CPU akan normal tanpa process PresentationFontCache.

Sejauh ini saya belum mengerti apa akibat buruk jika saya menghapus FontCache3.0.0.0.🙂

Tapi file FontCache3.0.0.0.dat ini saya pindahkan/back up ke direktori lain. Saya ingin tau gimana akibatnya. Kemudian saya restart komputer dan saya kembalikan FontCache3.0.0.0.dat ke direktori semula, ternyata PresentationFontCache.exe running kembali dan tidak menggunakan resource yang besar seperti sebelumnya. Normal… ini yang saya harapkan.🙂

image

image

Normal

Informasi tambahan mengenai PresentationFontCache dari services.msc

image

Deskripsi WPF Font Cache 3.0.0.0:

“Optimizes performance of Windows Presentation Foundation (WPF) applications by caching commonly used font data. WPF applications will start this service if it is not already running. It can be disabled, though doing so will degrade the performance of WPF applications”

Sudah jelas sekali kalau kita matikan service ini maka akan menurunkan performance aplikasi WPF.

Semoga bermanfaat.

About

Seseorang yang terus berusaha menjadi seorang programmer dan blogger sejati di jagad Raya ini.

Tagged with:
Posted in WPF
2 comments on “PresentationFontCache Memakan Resource CPU 50%
  1. Miftahgeek says:

    Presentasi buat aplikasi pa ja tuh kang? Ga buat MS.PP juga kan..

  2. Ecko says:

    ni aplikasi desktop temennya aplikasi windows form http://windowsclient.net/wpf

    beda donk ma ppt,😀

Leave a Reply

Community

INDC

MUGI

WSS-ID

SQLServer-Indo

Indonesia Student Portal

Pengunjung
  • 120,657 orang
Yg lg OL di sini
site statistics
