Presentasi VSTO

Pada tanggal 07 Juli 2009, tempatnya di Indonesian Stock Exchange Building level 18 di Auditorum Microsoft diadakan presentasi yang diperuntukkan untuk para custumer Microsoft yang berasal dari instansi-instansi. Saat itu kami mahasiswa Bogor Agricultural University sedang mengikuti Internship di PT. Microsoft Indonesia, kami hari ini diberikan untuk mengikuti persentasi tersebut.
Pada presentasi tersebut membahas tentang “OBA & VSTO”, di sini kami mulai mengenal VSTO (Visual Studio Tools for Office), yang sebelumnya kami mengenal Macro dan VB 6 pada pemrograman pada Microsoft Office (Word, excel, etc)…dengan teknologi VSTO memudahkan developer untuk membuat suatu program lebih mudah dari pada menggunakan micro yang tersedia pada Add-ins Microsoft Office.

Untuk membuat code program VSTO ini bisa dilakukan lebih mudah karena menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 yang sudah tidak asing di kalangan developer dotnet. Bisa menggunakan bahasa Pemrograman C# atau VB .Net dengan tools yang lebih bayak bisa digunakan dari pada memakai VB 6.
Berikut sedikit langkah-langkah awal dalam membuat project baru dengan VSTO:
Pertama, Anda kami sarankan untuk memakai Microsoft Visual Studio 2008 atau 2010 Beta (Team System, Profesional, etc), dan Microsoft office yang digunakan sebaiknya menggunakan MIcrosoft Office 2007. Kerena untuk Microsoft Visual Studio 2010 sudah mulai meninggalkan Microsoft Office 2003.
Setelah itu Anda membuat project baru menggunakan bahasa pemrograman yang lebih mudah bagi Anda, misalnya C#. Kita pilih seperti gambar di bawah ini :

Create New Project

Pada waktu memilih untuk membuat project dengan memilih Visual C# -> Office -> 2007, terdapat banyak pilihan. Ada pilihan untuk Microsoft Office 2003 dan 2007, untuk pilihan Add-in, Workbook, dan Template. Jika Anda ingin membuat project VSTO baru dengan Microsoft Excel, pilih Excel 2007 Workbook.Kemudian akan seperti pada gambar berikut ini:

Create New Project

Setelah itu Anda memilih membuat Document baru atau dari Document yang sudah ada. Pada saat ini kita coba pilih Document baru.

create new project

Kemudian Anda dihadapkan dengan tampilan pada Visual Studio Anda seperti di bawah ini, terdapat excel di dalam Visual Studio Anda. Sekarang Anda bisa menggunakan Toolbox-toolbox yang ada, kemudian anda Drag ang Drop ke dalam Excel tersebut. Kemudian melakukan pengeditan pada jendela properties.

vsto01
vsto02

Kemudian anda bisa melihat source code-nya dengan klik kanan dan Anda bisa memberikan even pada tombol tersebut dengan double klik tombol tersebut. Kemudian Anda bisa mengisikan code program yang Anda inginkan sesuai kebutuha Anda.

vsto03
vsto04

Selain menambahkan button atau toolbox yang lain, Anda bisa membuat Add-in sesuai kebutuhan Anda yang kemudian terlihat pada Ribbons. Tambahkan item baru, klik kanan pada project Anda kemudian pilih Add -> New Item, kemudian pilih Ribbon (Visual Designer).

vsto05
vsto06

Kemudian terlihat pada jendela design, kemudian Anda bisa drag and drop button atau toolbox yang lain, kemudian lakukan pengeditan pada jendela properties.

vsto07
vsto08
vsto09

Kemudian double klik untuk memberi event pada tombol yang Anda buat.

vsto10
vsto12upz… da yang salah ketik,,, hehe..

Mudah-mudahan tulisan ini sedikit memberi pengetahuna kepada Anda.
Informasi lain mengenai VSTO :
http://msdn.microsoft.com/id-id/vsto/default(en-us).aspx
http://blogs.msdn.com/vsto/

About

Seseorang yang terus berusaha menjadi seorang programmer dan blogger sejati di jagad Raya ini.

Tagged with: , , , ,
Posted in VSTO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Community

INDC

MUGI

WSS-ID

SQLServer-Indo

Indonesia Student Portal

Pengunjung
  • 120,657 orang
Yg lg OL di sini
site statistics
%d bloggers like this: