Praktikum Pertama PSBO

Praktikum pertama PSBO yang dibahas adalah “Pengenalan Java Environment“. Kemudian latihan ngetik program dengan Java. Biasa lah, pastinya helloworld dulu….he he he……

class HelloWorld{
         public static void main(STring args[]){
                 System.out.println("HEllo World!");
         }
}

Kemudian latihan dengan output helloworld memakai JOptionPane :

import javax.swing.JOptionPane;

class Welcome
{
	public static void main(String[] args)
	{
		JOptionPane.showMessageDialog(null,"Welcome to Object Oriented Programing with Java");
		System.exit(0);
	}
}

latihan nginput String dengan JOptionPane :

import javax.swing.JOptionPane;

class IntroG64062250
{
	public static void main(String[] args)
	{
		String Nama, NRP;
		int FirstNo, SecondNo, Max;

		Nama= JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama Anda");
		NRP= JOptionPane.showInputDialog("Masukan NRP Anda");

		JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hallo "+ Nama +"/" + NRP);

	}
}

Trus masukin input integer lewat JOptionPane :

import javax.swing.JOptionPane;

class Max{
	public static void main(String[] args)
	{
		String FirstNoStr, SecondNoStr;
		int FirstNo, SecondNo, Max;

		FirstNoStr= JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka pertama!");
		SecondNoStr= JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka kedua!");

		FirstNo=Integer.parseInt(FirstNoStr);
		SecondNo=Integer.parseInt(SecondNoStr);

		if(FirstNo>SecondNo)
			Max = FirstNo;
		else
			Max = SecondNo;

		JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nilai tebesar adalah "+ Max, "Nilai Terbesar", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE);
	}
}

dan

import javax.swing.JOptionPane;

class SumG64062250
{
	public static void main(String[] args)
	{
		String Angka1Str, Angka2Str, Angka3Str;
		int Angka1, Angka2, Angka3, sum;

		Angka1Str= JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka Pertama : ");
		Angka2Str= JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka Kedua : ");
		Angka3Str= JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka Ketiga : ");

		Angka1 = Integer.parseInt(Angka1Str);
		Angka2 = Integer.parseInt(Angka2Str);
		Angka3 = Integer.parseInt(Angka3Str);

		sum = Angka1 + Angka2 + Angka3;

		JOptionPane.showMessageDialog(null,"Jumlah " + Angka1 + " + " +Angka2+ " + " +Angka3 + " Adalah = " +sum);
		System.exit(0);

	}
}

Terakhir ada tugas, trus dikumpulin via email :
Berikut jawabannya (diposting juga karna tugasnya udah dikumpulin, udah lwt deadline):

class sort {
public static void main(String[] args)
{
int temp;
int []list;
list = new int[10];
for(int i=0;ijava sort 2 3 1 5

Mudah2n manfaat….

About

Seseorang yang terus berusaha menjadi seorang programmer dan blogger sejati di jagad Raya ini.

Tagged with: , ,
Posted in Java Programming
3 comments on “Praktikum Pertama PSBO
  1. ahroihan says:

    mas kalo pertama kali ngejalanin java gmana,? apa hars pake dreamweaver, saya udah download jdknya tapi itu buat apa yah ko ga ada efek, tolong mas sambil sharing bagi2 ilmu, saya pengen belajar dari awal

  2. Ecko says:

    kok pake dreamweaver sih, netbeans donk, linknya ada di halaman download blog ini.
    jdk itu dipake klo kita mau bikin program java.
    netbeans butuh jdk.
    kalo udah keinstall jdk silahkan install netbeans.. buat bikin programnya.
    untuk lebih jelasnya belajar java dan netbeans silahkan belajar di http://javapassion.com

  3. ahroihan says:

    saya kira buat java formatnya jsp atau asp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Community

INDC

MUGI

WSS-ID

SQLServer-Indo

Indonesia Student Portal

Pengunjung
  • 120,657 orang
Yg lg OL di sini
site statistics
%d bloggers like this: