Ubuntu 8.04 di Laptop Acer TM 6291

Akhirnya ubuntu udah support di laptop saya ( acer travelmate 6291), yang awalnya saya make Ubuntu 7.10 ternyata soundnya tidak muncul sama sekali, sekarang saya pake ubuntu 8.04. Hari kamis malem jumat, sekitar malem pergantian hari kamis ke hari Jumat, s ndownload ubuntu 8.04 Hardy Heron. Saya tinggal tidur, pagi-paginya (sekitar jam 5) udah 99,99%, kok berhenti, ternyata koneksinya keputus, ya udah tinggal diterusin. Akhirnya selesai hari jumat pagi, langsung saya burning ke CD, terus dipinjem temen. Hari sabtunya saya install di sekret Himalkom. sambil nginstall ya ngenet sekalian.

Tadinya saya nyangka wifi laptop saya ngga’ kedetek, ternyata emang lampunya ngga’ hidup, akhirnya ketahuan juga, untungnya saya nginstall di tempat yang ada hotspot-nya, kalo ngga’ gitu yaa ngga’ ketahuan,langsung dipake ngenet. Tadinya sempet nanya ketemen yang namanya “Sule”, saya nanya: “kok wifi gw ngga’ kedetek ya., apa mesti make ndiswrapper aja ya….”, sule menjawab: “sama ko’, ni gw baru bisa ngenet, ngga’ usah pake ndiswrapper pake dari driver XP aja, di brows file .inf-nya terus bla bla bla…… nih gw bisa!!!” (waktu itu sule lagi masukin password user access, ngenet pake ubuntu di laptop dia, yang konon baru di install semalem, Ubuntu yang saya download dia yang make duluan, nah ini dia yang minjem ).

Yang penting sekarang dah bisa make Ubuntu….. Tapi ada dikit masalah nih, saya blm berhasil nginstall compiz fusion di ubuntu hardy heron, install-an yg lama udah ngga bisa, pas udah di install dia minta update, gimana yach…. harus browsing terus nih buat cari tau.

About

Seseorang yang terus berusaha menjadi seorang programmer dan blogger sejati di jagad Raya ini.

Posted in About Ubuntu
7 comments on “Ubuntu 8.04 di Laptop Acer TM 6291
  1. Alhamdulillah, akhirnya udah berhasil jalanin compiz-nya, baca di https://zulkaryanto.wordpress.com/linux/compiz-fusion-ubuntu-hardy-heron/🙂

  2. anton says:

    Mas Eko,
    Minta tolong dijelaskan detail tentang cara install driver wifi-nya donk.

  3. Eko Zulkaryanto says:

    Untuk selain laptop saya, klo wirelessnya ga bisa….. insya’alloh bisa pake cara ini….
    Caranya tambah repo dari CD installer Ubuntu, terus install ndiswrapper-nya.
    Cara lengkapnya ada di sini

  4. anton says:

    kebetulan laptop saya juga tm 6291. Sebelumnya saya pakai Gutsy dan wirelessnya jalan tanpa masalah (cuma sedikit ada masalah di sound dan beres dengan menginstall driver alsa baru). Nah dari artikel Mas, ada cara untuk memperbaiki wireless-nya tanpa pakai ndiswrapper (lgs pakai driver xp). Kalau bisa mohon di-sharing caranya.

    terima kasih.

  5. Eko Zulkaryanto says:

    oh…. ubuntu hardy heron untuk laptop tm 6291 seharusnya wirelessnya sudah tidak ada masalah, namun yang jadi masalah lampu wireless ngga’ nyala sama sekali (biasanya kan nyala). ni kalau punya saya…. coba deh mas Anton coba bawa laptop mas di tempat yang ada wifinya biar tahu konek ngga’nya.
    Dulu saya nyangkanya wirelessnya ga kedetek…. ternyata cuma lampunya saja yg ngga’ nyala…
    Jadi saya ngga perlu nginstall ndiswrapper di laptop tm 6291….🙂

  6. alvin says:

    mas kok situs untuk setting wifinya g bisa dikunjungi. ada link yang laen ga.

    trima kasih, tutornya bagus.

Leave a Reply

Community

INDC

MUGI

WSS-ID

SQLServer-Indo

Indonesia Student Portal

Pengunjung
  • 120,657 orang
Yg lg OL di sini
site statistics
